Laman

Wednesday, March 5, 2025

Contoh Praktik Kelas yang Meningkatkan Keterlibatan Siswa


1. Kahoot! atau Quizizz Live Challenge

Gunakan kuis interaktif berbasis game seperti Kahoot! atau Quizizz untuk menguji pemahaman siswa dengan suasana kompetitif yang menyenangkan.  


2. Mystery Box Challenge

Sediakan kotak misteri berisi petunjuk atau objek terkait materi pelajaran. Minta siswa bekerja dalam kelompok untuk menebak konsep yang sedang dipelajari.  


3. Debate Battle

Buat sesi debat spontan dengan format “tim setuju” dan “tim tidak setuju.” Siswa harus memberikan argumen berdasarkan materi yang dipelajari.  


4. Escape Room Edukasi

Rancang teka-teki berbasis materi pelajaran di mana siswa harus memecahkan kode atau menjawab pertanyaan untuk "keluar" dari situasi tertentu.  


5. Think-Pair-Share Race

Pasangkan siswa, beri mereka pertanyaan, lalu minta mereka berpikir sendiri, berdiskusi dengan pasangan, dan berbagi jawaban dengan kelas dalam format perlombaan cepat.  


6. Kelas Berbasis Simulasi

Gunakan simulasi dunia nyata, seperti simulasi rapat dewan kota untuk mata pelajaran IPS atau simulasi transaksi jual beli untuk bahasa asing.  


7. Jeopardy Learning Game

Buat permainan kuis bergaya *Jeopardy!* di mana siswa memilih kategori dan menjawab pertanyaan dengan skor berbeda.  


8. Galeri Keliling (Gallery Walk)

Siswa membuat poster atau infografis tentang topik tertentu dan menampilkan hasil mereka di sekitar kelas. Siswa lain berkeliling untuk memberikan umpan balik.  


9. Jajak Pendapat Langsung dengan Mentimeter atau Poll Everywhere

Gunakan jajak pendapat digital untuk mengumpulkan pendapat siswa tentang suatu topik dan diskusikan hasilnya di kelas.  


10. Role-Playing (Bermain Peran)

Siswa mengambil peran dalam skenario sejarah, sastra, atau situasi dunia nyata untuk memahami perspektif yang berbeda.  


11. Kelas Balapan (Relay Learning)

Siswa dalam kelompok diberikan bagian dari materi. Mereka harus mempelajari dan menjelaskan kepada teman dalam format estafet.  


12. Story Dice atau Kartu Cerita

Gunakan dadu atau kartu dengan kata kunci untuk membuat cerita kolaboratif yang kreatif. Cocok untuk pelajaran bahasa dan kreativitas.  


13. TikTok atau Vlog Edukasi

Minta siswa membuat video pendek tentang topik pelajaran dan membagikannya sebagai tugas kreatif.  


14. Kuis ‘Benar atau Salah’ Aktif

Buat kuis di mana siswa harus berdiri untuk "Benar" dan duduk untuk "Salah" untuk menjaga keterlibatan fisik.  


15. Bingo Akademik

Gunakan kartu bingo dengan konsep atau kata kunci yang harus dicari siswa dalam materi pelajaran, mendorong mereka untuk aktif mencari informasi.  


Sumber: Generative AI

2025: Semangat Berkarya untuk Nusantara!





0 comments: