Contoh Format 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. ....................................
Nama Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran/Tema : ........................................
Kelas/Semester : VII/Ganjil : ..............................
Materi Pokok : .......................................................
Alokasi Waktu : .....................................................
1. Tujuan Pembelajaran
....................................................................................
....................................................................................
....................................................................................
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :
....................................................................................
....................................................................................
2.1.2. Bahan :
....................................................................................
....................................................................................
2.1.3. Pertanyaan
....................................................................................
....................................................................................
2.2. Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
....................................................................................
....................................................................................
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
....................................................................................
....................................................................................
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1. Keseimpulan Pembelajaran
....................................................................................
....................................................................................
2.4.2. Penilaian
....................................................................................
....................................................................................
.................................... 20....
Mangetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
................................... .......................................
NIP NIP
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Contoh Format 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ...................................
Mata Pelajaran : .................................
Kelas / Semester : ..................................
Alokasi waktu : .... X 40 menit
A. KD dan INDIKATOR
Komptensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 3.1.1
3.1.2
4.1 4.1.1.
4.1.2
B. .TUJUAN
( Penulisan tujuan sesuai permendikbud no.22 ttg standar proses berdasarkan KD )
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Genre Based Approach, peserta didik dapat membedakan dan menangkap makna, serta menyusun teks deskriptif lisan dan tulis mengenai tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks dengan kreatif, mandiri, serta dapat bekerjasama
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
1. Apersepsi
2. Motivasi
3.
Kegiatan Inti ( dimunculkan sintaks model pembelajaran dan deskripsinya )
1. BKOT (Building knowledge of Field/ Tanya jawab untuk “membangun” pengetahuan, penemuan) ………
2..MOT (Modelling of Text)/ Mendengarkan penjelasan (text) yang bsa menggugah untuk melengkapi (merespon) : ………
3.JCOT ( Joint Constructions of Text (Menjawab/mengerjakan / Menyelesaikan tugas pelajaran secara berkelompok (kerjasama.: ………
4.ICOT ( individual Constructions of Text/ Sisw secara individu mampu menceritakan kembali atau menyimpulkan text materi pelajaran saat itu.
5. STEM (Sains, Technologi, Tehnik dan Matematika : ………
6. HOTS
Kegiatan Penutup
1. Refleksi dan kesimpulan
2. Penugasan
3. Kesiapan pertemuan berikutnya
D. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis dan Penugasan
Penilaian Keterampilan : Penilaian Produk, Peniaian Praktek
Mengetahui ……………, 2020
Kepala Sekolah Guru Mapel
_____________ __________________
NIP NIP
LAMPIRAN
INSTRUMEN EVALUASI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. ....................................
Nama Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran/Tema : ........................................
Kelas/Semester : VII/Ganjil : ..............................
Materi Pokok : .......................................................
Alokasi Waktu : .....................................................
1. Tujuan Pembelajaran
....................................................................................
....................................................................................
....................................................................................
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :
....................................................................................
....................................................................................
2.1.2. Bahan :
....................................................................................
....................................................................................
2.1.3. Pertanyaan
....................................................................................
....................................................................................
2.2. Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
....................................................................................
....................................................................................
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
....................................................................................
....................................................................................
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1. Keseimpulan Pembelajaran
....................................................................................
....................................................................................
2.4.2. Penilaian
....................................................................................
....................................................................................
.................................... 20....
Mangetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
................................... .......................................
NIP NIP
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Contoh Format 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ...................................
Mata Pelajaran : .................................
Kelas / Semester : ..................................
Alokasi waktu : .... X 40 menit
A. KD dan INDIKATOR
Komptensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 3.1.1
3.1.2
4.1 4.1.1.
4.1.2
B. .TUJUAN
( Penulisan tujuan sesuai permendikbud no.22 ttg standar proses berdasarkan KD )
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Genre Based Approach, peserta didik dapat membedakan dan menangkap makna, serta menyusun teks deskriptif lisan dan tulis mengenai tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks dengan kreatif, mandiri, serta dapat bekerjasama
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
1. Apersepsi
2. Motivasi
3.
Kegiatan Inti ( dimunculkan sintaks model pembelajaran dan deskripsinya )
1. BKOT (Building knowledge of Field/ Tanya jawab untuk “membangun” pengetahuan, penemuan) ………
2..MOT (Modelling of Text)/ Mendengarkan penjelasan (text) yang bsa menggugah untuk melengkapi (merespon) : ………
3.JCOT ( Joint Constructions of Text (Menjawab/mengerjakan / Menyelesaikan tugas pelajaran secara berkelompok (kerjasama.: ………
4.ICOT ( individual Constructions of Text/ Sisw secara individu mampu menceritakan kembali atau menyimpulkan text materi pelajaran saat itu.
5. STEM (Sains, Technologi, Tehnik dan Matematika : ………
6. HOTS
Kegiatan Penutup
1. Refleksi dan kesimpulan
2. Penugasan
3. Kesiapan pertemuan berikutnya
D. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis dan Penugasan
Penilaian Keterampilan : Penilaian Produk, Peniaian Praktek
Mengetahui ……………, 2020
Kepala Sekolah Guru Mapel
_____________ __________________
NIP NIP
LAMPIRAN
INSTRUMEN EVALUASI.
0 comments:
Post a Comment