Laman

Tuesday, January 21, 2020

Model Format RPP (1 Lembar) Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

Contoh Format 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. ....................................
Nama Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran/Tema : ........................................
Kelas/Semester : VII/Ganjil : ..............................
Materi Pokok : .......................................................
Alokasi Waktu : .....................................................

1. Tujuan Pembelajaran
 ....................................................................................
 ....................................................................................
 ....................................................................................

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 2.1. Alat dan Bahan
 2.1.1. Alat :
 ....................................................................................
 ....................................................................................

 2.1.2. Bahan :
 ....................................................................................
 ....................................................................................

 2.1.3. Pertanyaan
 ....................................................................................
 ....................................................................................

 2.2. Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
 ....................................................................................
 ....................................................................................

 2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
 ....................................................................................
 ....................................................................................

 2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
 2.4.1. Keseimpulan Pembelajaran
 ....................................................................................
 ....................................................................................

 2.4.2. Penilaian
 ....................................................................................
 ....................................................................................

 .................................... 20....
 Mangetahui                    Guru Mata Pelajaran
 Kepala Sekolah

 ...................................        .......................................
 NIP                                    NIP

 *Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.



Contoh Format 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : ...................................
Mata  Pelajaran          :  .................................
Kelas / Semester :  ..................................
Alokasi waktu         :    ....  X   40  menit

A. KD dan INDIKATOR
Komptensi   Dasar                   Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 3.1.1
3.1.2
4.1 4.1.1.


4.1.2

B. .TUJUAN
( Penulisan tujuan  sesuai permendikbud  no.22  ttg  standar proses   berdasarkan  KD  )
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Genre Based Approach, peserta didik dapat membedakan dan menangkap makna, serta menyusun teks deskriptif lisan dan tulis mengenai tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks dengan kreatif, mandiri, serta dapat bekerjasama

C. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 
 Kegiatan Pendahuluan
1. Apersepsi 
2. Motivasi
3.

Kegiatan Inti   (  dimunculkan  sintaks  model  pembelajaran dan  deskripsinya )
1. BKOT (Building knowledge of Field/ Tanya jawab untuk “membangun” pengetahuan, penemuan) ………
2..MOT (Modelling of Text)/ Mendengarkan penjelasan (text) yang bsa menggugah untuk melengkapi (merespon) : ………
3.JCOT ( Joint Constructions of Text (Menjawab/mengerjakan / Menyelesaikan tugas pelajaran secara berkelompok (kerjasama.: ………
4.ICOT ( individual Constructions of Text/ Sisw secara individu mampu menceritakan kembali atau menyimpulkan text materi pelajaran saat itu.
5. STEM (Sains, Technologi, Tehnik dan Matematika : ………
6. HOTS

Kegiatan Penutup
1. Refleksi dan kesimpulan
2. Penugasan
3. Kesiapan pertemuan berikutnya

D. PENILAIAN
Penilaian Sikap                : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan :  Tes  tertulis  dan   Penugasan
Penilaian Keterampilan :   Penilaian Produk, Peniaian  Praktek

Mengetahui ……………,         2020
Kepala Sekolah  Guru  Mapel

_____________ __________________
NIP NIP

LAMPIRAN  
INSTRUMEN   EVALUASI.


0 comments: