Laman

Thursday, January 2, 2020

Guru MTsN 5 Jombang Juara 1 Guru Madrasah Berprestasi Tingkat Kabupaten Tahun 2019


Sejalan dengan amanat UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, maka Pendidikan Madrasah adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Sumber Daya Manusia (SDM) bermutu dan berdaya saing yang dihasilkan Pendidikan Madrasah diharapkan dapat menjadi generasi emas bangsa yang berkemampuan kompetitif dalam era global. Upaya pengembangan kualitas mutu input, proses, dan output Pendidikan Madrasah menjadi agenda penting yang perlu dilakukan secara berkesinambungan. Tenaga pendidik dan kependidikan dalam konteks proses pendidikan di madrasah memiliki peran strategis dalam mewujudkan tujuan nasional pendidikan. Inovatif, kreatif, dan produktif dalam mengemban kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan menjadi suatu keniscayaan yang harus dimiliki insan profesional di bidang pendidikan tersebut.

Dalam rangka percepatan pengembangan kualitas mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang melalui Seksi Pendidikan Madrasah menyelenggarakan Kompetisi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang Tahun 2019. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan motivasi sekaligus penghargaan bagi guru, kepala, dan pengawas madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang dalam mengemban amanah dan jabatan profesionalnya. Dengan demikian, kompetisi yang positif dalam mengembangkan pendidikan madrasah diharapkan pula akan terwujud tumbuh dan berkembang sejalan dengan tuntutan perkembangan pada skala regional, nasional, maupun internasional.

KOMPETISI GURU, KEPALA, DAN PENGAWAS MADRASAH BERPRESTASI

Kompetisi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Berprestasi bertujuan untuk:
1. Mendorong dan meningkatkan motivasi dan profesionalisme Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah dalam pelaksanaan tugas profesionalnya.
2. Menciptakan guru, kepala madrasah, pengawas madrasah yang mampu berkontribusi dalam membangun suasana pembelajaran pada satuan pendidikan RA dan Madrasah.
3. Meningkatkan daya kreatifitas dan inovasi guru, kepala madrasah, pengawas madrasah pada satuan pendidikan RA dan Madrasah.
4. Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah pada satuan pendidikan RA dan madrasah yang memiliki kompetensi, dedikasi dan prestasi dalam menjalankan tugas.
5. Memberikan pengakuan kepada guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah yang berprestasi pada satuan pendidikan RA dan Madrasah.

Kegiatan Kompetisi Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah ini diharapkan dapat memberikan kemanfaatan antara lain; Meningkatnya motivasi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah untuk meningkatkan kinerja, disiplin, dedikasi, dan loyalitas untuk kepentingan masa depan bangsa dan negara. Meningkatnya harkat, martabat, citra, dan profesionalisme Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah melalui prestasi. Meningkatnya inovasi, kreatifitas, dan produktifitas Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah dalam pendidikan dan pembelajaran. Meningkatkanya interaksi positif antar-peserta dan antar-madrasah melalui tukar pengalaman praktik terbaik pendidikan dan pembelajaran.

Penilaian dalam kompetisi ini ada dua tahap. Tahap pertama, penilaian berkas yang meliputi Dokumen portofolio(Pf) dan Karya tulis ilmiah (KTI). Tahap kedua, penilaian Presentasi dan wawancara tentang penguasaan, pemahaman dan wawasan tentang pengembangan bakat, potensi dan prestasi peserta didik atau pengembangan masyarakat (bagi guru), pengembangan satuan pendidik(bagi Kepala RA dan Madrasah), atau pengembangan profesionalisme guru atau Kepala Satuan Pendidikan (bagi pengawas).

MTsN 5 JOMBANG  JUARA 1 KATEGORI GURU


Final Kompetisi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Berprestasi Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Jombang yang dilaksanakan pada hari Jum'at, tanggal 20 Desember 2019 bertempat di Aula Darussalam diikuti oleh 35 Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah terpilih; dengan rincian 3 orang Kategori Guru Madrasah masing-masing jenjang (RA, MI, MTs, MA); 4 orang Kategori Kepala Madrasah masing-masing jenjang (RA, MI, MTs, MA); dan 8 orang Pengawas Madrasah. Dalam kesempatan tersebut, para finalis harus mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah yang ditulisnya sekaligus wawancara berkaitan dengan dokumen portofolio yang telah dikumpulkan.

Finalis kategori Guru MTs

Ni'matuz Zahroh (biasa dikenal dengan panggilan Miss Anik), salah satu guru MTsN 5 Jombang Jawa Timur yang mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris ikut berpartisipasi dalam Kompetisi  tersebut dan berhasil mendapatkan Juara 1 untuk kategori Guru MTs. Dalam Karya Tulis Ilmiah yang ditulisnya, beliau membahas tentang budaya literasi terutama tentang mudahnya menulis bagi siswa (cerita pengalaman siswa) dengan menggunakan metode Back and Draw Activity. Kunci keberhasilan beliau dalam mengikuti kompetisi tersebut adalah banyak membaca dan mempelajari situasi dan kondisi yang sedang booming di era disrupsi revolusi industri 4.0



Era disrupsi yang dipenuhi kemajuan teknologi informasi yang sedemikian pesatnya, adalah sebuah keniscayaan bahwa guru harus menguasai teknologi untuk kemudian digunakan sebagai media pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Kepada para guru-guru Madrasah yang hebat, jangan pernah puas dengan ilmu yang anda miliki. Anak-anak milenial saat ini banyak yang terdegradasi, meniadakan guru. Karena mereka lebih percaya belajar dengan Aplikasi-aplikasi online, seperti RuangGuru, dll. Guru harus bisa introspeksi diri, agar siswa-siswa tidak memunafikkan eksistensi guru.


Semangat menjadi guru Madrasah yang profesional dan moderat di era disrupsi.
Dirgahayu Hari Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke-74 Tahun 2020, "Umat rukun, Indonesia maju"


Daftar nama Juara 1,2, dan 3
Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah

Juara 1,2, dan 3 Guru dan Kepala MTs



Jombang, 3 Januari 2020
Anik Zahroh

0 comments: