100 SOAL PERSIAPAN
UJIAN SELEKSI PPG 2019 KOMPETENSI PEDAGOGIK
1.
Seorang
siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah
itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
2.
Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
3.
Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah
logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan
ciri-ciri kemampuan anak berusia
A.
0 - 2 tahun
B.
2 -- 7 tahun
C.
7 -- 11/12 tahun
D.
11/12/ -- 14/15 tahun
4.
Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe,
gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah
sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A.
Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait
dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B.
Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor)
C.
Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah
logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional
formal)
5.
Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan
kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A.
Kognitif
B.
Sosial
C.
Emosional
D.
moral
6.
Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam
suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan….
A.
sosial-emosional
B.
kognitif
C.
moral
D.
spiritual
7.
Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas
benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain.
Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian
memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada
tahapan ...
A.
penalaran pascakonvensional
B.
penalaran konvensional
C.
penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
8.
Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga,
kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya
untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan
moral….
A.
Prakonvensional
B.
Konvensional
C.
Pascakonvensional
D.
Interkonvensional
9.
Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan
rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi
untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A.
mengemukakan gagasan
B.
mengaktualisasikan diri
C.
penciptaan hubungan yang baik
D.
menformulasikan tindakan
10.
Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada
jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore,
petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir
tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan
pengembangan potensi berupa faktor ....
A.
intelegensi dan kognitif
B.
budaya dan pembiasaan
C.
keluarga dan lingkungan masyarakat
D.
emosional dan kepribadian
11.
Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi
yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang
ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam
hal ....
A.
kesulitan akademis
B.
gangguan simbolik
C.
gangguan nonsimbolik
D.
gangguan sosial
12.
Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada
maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A.
Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah
pribadinya
B.
Membantu siswa agar dapat melakukan
penyesuaian diri dengan lingkungannya
C.
Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D.
Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
13.
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya
(law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A.
Behaviorisme
B.
Humanistik
C.
Sibernetik
D.
Kontruktivisme
14.
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A.
Sibernetik
B.
Humannistik
C.
Behaviorisme
D.
Konstruktivisme
15.
Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran
adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini
adalah ….
A.
Humanistik
B.
Konstruktivisme
C.
Kognitivisme
D.
Nativisme
16.
Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap
saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi
yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan
diatas sejalan dengan teori belajar ….
A.
Sibernetik
B.
Konstruktivisme
C.
Behaviorisme
D.
Kognitivisme
17.
Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau
pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di
dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A.
Behaviorisme
B.
Konstruktivisme
C.
Kognitivisme
D.
Sibernatik
18.
Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan
hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:
A.
Silabus
B.
RPP
C.
Silabus dan RPP
D.
SKL
19.
Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari....
A.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media
pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20.
Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A.
Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B.
Silabus bersumber dari standar isi dan standar
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C.
RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim guru
D.
RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.
21.
Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A.
Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B.
Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta
didik
C.
RPP bersumber dari silabus
D.
Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan
pendidikan
22.
Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata
pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar: Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator: menyebutkan dua ciri
kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran: setelah
pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan
benar
Berdasarkan
komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan
balik dan tindak lanjut
B.
Mendorong partisipasi aktif
peserta didik
C.
Memperhatikan perbedaan individu
peserta didik
D.
Keterkaitan dan keterpaduan
23.
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan
evaluasi
C.
ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D.
ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan,
síntesis.
24.
Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan
taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C.
ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D.
ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
25.
Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara
lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah
yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A.
Role Playing
B.
Inquiry
C.
Problem Solving
D.
Picture and Picture
26.
Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A.
Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B.
Rumusan masalah yang harus
didiskusikan
C.
Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D.
Motivasi belajar siswa
27.
Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A.
Pencapaian standar kompetensi
B.
Pencapaian kompetensi dasar.
C.
Pencapaian tujuan pembelajaran
D.
Pencapaian standar kelulusan
28.
Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang
peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A.
Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan
tersebut
B.
Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab
walaupun salah
C.
Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami
peserta didik
D.
Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29.
Prinsip sistematis sebagai salah
satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A.
Cakupan, kedalaman, tingkat
kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat
perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B.
Adanya hubungan yang konsisten
(ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C.
Cakupan indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D.
Komponen-komponen silabus saling
berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30.
Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL
adalah sebagai berikut, kecuali....
A.
Sharing dengan teman
B.
Guru kreatif
C.
Pengalaman nyata
D.
Menggunakan satu sumber
31.
Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran,
Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji
kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman
ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut
memenuhi kriteria…
A.
Sahih
B.
Kebermanfaatan
C.
Layak dipelajari
D.
Menarik minat
32.
Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara
dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan
dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa
mengikuti pola....
A.
Kausal
B.
Spiral
C.
Kronologis
D.
inquiri
33.
Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh
sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah
untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke
dalam kriteria...
A.
tujuan
B.
sasaran didik
C.
ketersediaan
D.
konteks penggunaan
34.
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru
dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan
dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang
pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A.
Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa
dan sekolah
B.
Pendidik harus memahami karakteristik dari media
pembelajaran tersebut.
C.
Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan
sekolah.
D.
Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35.
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru
harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat
dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A.
media yang memiliki daya liput yang luas dan media
yang memiliki daya liput terbatas
B.
media yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
C.
media tradisional dan media berbasis TIK
D.
media dua dimensi dan media tiga dimensi
36.
Di ruang media tersedia berbagai macam media yang
sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya
dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia
memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang
harus diperhatikan adalah...
A.
Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu
pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B.
Sasaran didik, karakteristik media, waktu
mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C.
Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi
sekolah dan konteks penggunaan
D.
Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan
karakteristik media
37.
Seorang guru harus mampu memanfaatkan media
pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
A.
media pembelajaran yang paling baik adalah media yang
berbasis TIK
B.
sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C.
media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam
suatu kegiatan pembelajaran
D.
memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar
tidak merepotkan
38.
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran
yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki
tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya,
media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A.
Menampilkan objek yang terlalu besar
B.
Membuat konkrit konsep yang abstrak
C.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
D.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar.
39.
Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran.
Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih
efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek
yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media
pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A.
Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar,
candi.
B.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar.
C.
Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk
menjelaskan peredaran darah.
D.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
40.
Seorang guru ingin membuka situs google untuk
menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk
dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A.
book
B.
forum
C.
blog
D.
e-portofolio
41.
Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs
google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut
adalah…
A.
program mencari informasi
B.
program desktop publishing
C.
program untuk menjelajahi laman
D.
program penciptaan laman
42.
Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau
judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin
pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari
selain google adalah...
43.
Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan
contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana
keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru
tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
44.
Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang
menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini
difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....
A.
Microsoft Database
B.
Microsoft Spread Sheet
C.
Microsoft powerpoint
D.
Microsoft Desktop Publishing
45.
pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan
berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik
kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk
memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian
dari model pembelajaran…
A.
portofolio
B.
saintifik
C.
penemuan
D.
autentik
46.
Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan
masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan
baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun
(a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang
mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut
merupakan model pembelajaran ....
A.
projek based learning
B.
discovery Learning
C.
Problem Based Learning
D.
Inquiry learning
47.
Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi
semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap
skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif
pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan
implementasi model pembelajaran ....
A.
Project based learning
B.
inquiry learning
C.
Discovery learning
D.
problem based learning
48.
Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran
dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan
proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the
Experience).
Urutan
yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B.
1-3-2-4-5-6
C.
1-3-2-5-6-4
D.
1-2-3-5-4-6
49.
Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang
masih acak berikut ini!
1)
Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)
Orientasi siswa pada masalah
3)
Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau
kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun
mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang
tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B.
2-3-1-4
C.
3-2-1-4
D.
2-3-1-4
50.
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan
menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur
dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan
guru
B.
Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan
kompetensi dasar, dan intake siswa
0 comments:
Post a Comment