Laman

Thursday, October 5, 2017

AL QUR'AN & UMUR

Al Qur'an adalah kalamullah yang diturunkan kepada Rasul kita Muhammad SAW., dimulai dengan Surat al-Fatihah dan ditutup dengan Surat an-Nas, bernilai ibadah bagi siapa Yang membacanya, berdasarkan hadits Rasulullah saw. :


مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ
Barangsiapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan الــم ialah satu huruf, akan tetapi ا satu huruf, ل satu huruf dan م satu huruf. [HR. Bukhari].


Berkata Abdul Malik bin Umair: "Satu-satunya manusia yang tidak tua adalah orang yang selalu membaca Al-qur'an".
"Manusia yang paling jernih akalnya adalah para pembaca Al-qur'an".

Berkata Al-imam Qurtubi: "Barang siapa yang membaca Al-qur'an,  maka Allah akan menjadikan ingatannya segar meskipun umurnya telah mencapai 100 tahun".

Imam besar Ibrahim al-Maqdisi memberikan wasiat pada muridnya Abbas bin Abdi Daim rahimahullah; "Perbanyaklah membaca Al-qur'an jangan pernah kau tinggalkan, karena sesungguhnya setiap yang kamu inginkan akan di mudahkan setara dengan yang kamu baca".

Berkata Ibnu Solah: "Bahwasannya para Malaikat tidak diberi keutama'an untuk membaca Al-qur'an,  maka oleh karena itu para Malaikat bersemangat untuk selalu mendengar saja dari baca'an manusia".

Berkata Abu Zanad: "Di tengah malam, aku keluar menuju masjid Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam sungguh tidak ada satu rumahpun yang aku lewati melainkan pada nya ada yang membaca Al-qur'an".

Berkata Shaikhul Islam ibnu Taimiyyah: "Tidak ada sesuatu yang lebih bisa memberikan nutrisi otak, kesegaran jiwa, dan kesehatan tubuh serta mencakup segala kebahagiaan melebihi dari orang yang selalu melihat kitabullah ta'ala". Bergantunglah pada Alqur'an niscaya kau akan mendapatkan keberkahan.

Berkata sebagian ahli tafsir: "Manakala kita menyibukkan diri dengan Al-qur'an maka kita akan di banjiri oleh sejuta keberkahan dan kebaikan di dunia". Kami memohon kepada Allah agar memberikan taufiqnya kepada Kami dan semua yang membaca tulisan ini untuk selalu membaca Al-qur'an dan mengamalkan kandungannya.

Sahabatku,
Umur kita terlalu singkat, hingga ALLAH karuniakan lailatul qadar untuk menambah umur amal.
Umur kita terlalu singkat, ALLAH pinta bersilatulrahim untuk memanjangkannya.
Umur kita terlalu singkat, ALLAH karuniakan Puasa Enam hari di bulan Syawal seperti berpuasa setahun.
Umur kita terlalu singkat, ALLAH karuniakan baca Surah Al-Ikhlas seperti membaca sepertiga Al-Quran.
Umur kita terlalu singkat, ALLAH kurniakan Sholat di Masjidil Haram seperti sholat 100 ribu lebih di masjid lain.
Umur kita terlalu singkat, ALLAH karuniakan Sholat berjemaah nilainya 27x lebih banyak pahalanya daripada sholat sendirian.
Umur kita terlalu singkat, ALLAH karuniakan Sholat sunat di rumah nilainya 25x lebih banyak pahalanya daripada sholat dilihat mata orang lain.
Hidup ini terlalu singkat, ALLAH karuniakan satu huruf bacaan Al-Quran dengan 10 pahala/kebaikan.
Hidup ini terlalu singkat, ALLAH karuniakan siapa yang beramal jariyah, berbagi ilmu yang bermanafaat, dan menjadikan anak-anaknya yang sholeh, pahalanya akan terus mengalir ke alam kuburnya.

Wahai diri..., usia umat Nabi Muhammad SAW. rata-rata hanya 63 - 65 tahun. Kalau saat ini usia kita sudah 45 tahun, paling lama 20 tahun lagi Malaikat Al Maut akan menjemput kita..

HIDUP INI TERLALU SINGKAT, JANGANLAH DISIA-SIAKAN KESEMPATAN YG DIBERIKAN ALLAH SWT.

Baarokallaah...

0 comments: