Laman

Thursday, March 30, 2023

Bacalah Salawat Sebelum Tidur Jika Ingin Bertemu Rasulullah SAW Sebelum Kita Mati


Bacaan Salawat Sebelum Tidur: Tidak Akan Mati Seseorang Kecuali Sebelum Bertemu Rasulullah SAW

Habib Quraisy Bin Qosim Baharun atau akrab disapa Habib Quraisy Baharun membocorkan ada satu salawat yang jika dibaca sebelum tidur akan mendatangkan anugerah dan kebaikan yang melimpah. Salawat ini bahkan disebut bisa membuat seseorang melihat Rasulullah SAW sebelum dirinya meninggal dunia.

Hal ini seperti apa yang dikatakan oleh Syaikh Husain Muhammad Syaddad Ba'Umar dalam kitabnya Kafiyat al-Wushul Liru'yat Sayyidina al-Rasul Muhammad SAW yang berbunyi: "Sesungguhnya salah satu bacaan utama yang banyak diucapkan oleh orang-orang saleh adalah bacaan salawat al 'alil qodri yang barang siapa membacanya terus menerus pada malam jum’at meskipun satu kali, niscaya akan tersingkap baginya ruh yang menyerupai ruh Rasulullah SAW , ketika dia akan meninggal dan masuk ke dalam kubur. Dia akan melihat bahwa Nabi saw sendiri yang menguburkannya atau memasukkannya ke liang lahat."

Selain itu, Al Imam As Suyuti Rahimahulahu ta’ala dan Al Imam As Syekh Yusuf An Nabhani di dalam kitabnya juga menyebut tentang salah satu khasiat daripada salawat kepada Nabi Muhammad SAW. Kabarnya: barang siapa yang membaca 7 kali salawat ini niscaya tidak akan mati orang tersebut terkecuali sebelum bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. Artinya, orang yang gemar membaca salawat ini dijanjikan akan bertemu dengan Rasulullah setidaknya satu kali seumur hidup.

Salawat sebelum tidur ini juga akan memberi kebaikan yang melimpah jika dibaca 100 kali pada malam Jumat. Hal itu sebagaimana ditulis oleh Syaikh Yusuf bin Ismail An-nabhani berikut:

قال بعض العارفين وينبغي لمن داوم عليها ان يقرأها كل ليلة عشر مرات وليلة الجمعة مائة مرة حتى يفوز بهذا الفضل والخير الجسيم ان شاء الله تعالى

Sebagian ulama arifin (ahli makrifat) berkata, "Hendaknya bagi orang yang istiqamah membaca salawat ini untuk membacanya setiap malam sebanyak 10 kali dan pada malam Jumat sebanyak 100 kali sehingga dia mendapat keberuntungan dengan anugerah dan kebaikan yang melimpah, dengan izin Allah.”

Adapun salawat yang memiliki keutamaan luar biasa ini dikenal sebagai salawat Al’alil Qadr.

Berikut bacaan sholawat Al’alil Qadr.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ النَّــبِـــىِّ اْلأُمِّـــيِّ الْحَبِـــيْبِ الْعَالِىِّ الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammad an nabiyyil ummy al habiibil ‘ali al qodri al ‘adziimi al jaahi wa ‘alaa aalihii wa shohbihii wa sallim.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi, kekasih yang tinggi derajatnya, yang agung pangkatnya, dan limpahkanlah juga kepada keluarga dan sahabatnya. Dan berilah keselamatan kepada mereka.”

Perjumpaan dengan Rasulullah yang dimaksud tak hanya saat sakaratul maut tiba saat dia membaca ‘Ya Nabi Salam Alaika’ saat hadir maulid cintanya, rindunya, tiba-tiba tampak Nabi Muhammad SAW dihadapannya.

Bisa jadi saat dia menangis dalam sujudnya, tiba-tiba disapa oleh Nabi Muhammad SAW. Bisa juga pada saat dia mengatakan assalamu'alaika saat tahiyat assalamu'alaika ya ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wabarakatuh, tiba-tiba Nabi di sampignya mengatakan, wa alaika salam.

Mari bersalawat kepada Nabi. Semoga kita termasuk umatnya yang kelak mendapatkan syafaatnya di hari kiamat. Aamiinnn ....


Wallahu a'lam.

Sumber: Teras Gorontalo

0 comments: