Laman

Thursday, February 16, 2023

Tips Supaya Kita Nggak "Baperan"

Cara Berhenti Menganggap Sesuatu Secara Pribadi

1. Sadarilah bahwa kekasaran orang lain bukanlah tentang Anda. Ketika seseorang bersikap kasar, itu kemungkinan merupakan cerminan dari masalah mereka sendiri.

2. Tanyakan pada diri Anda apa lagi arti dari komentar atau perilaku tersebut. Misalnya, jika seseorang tidak tersenyum atau menyapa, mereka mungkin malu.

3. Ambil komentar atau kritik dengan cara yang membangun. Tanyakan pada diri Anda apakah ada kebenarannya, dan apa yang dapat Anda pelajari.

4. Ambil perspektif yang berbeda. Tanyakan pada diri Anda bagaimana orang luar yang tidak memihak akan melihat situasinya.

5. Sadarilah bahwa Anda tidak bisa menyenangkan semua orang.

6. Ketahuilah bahwa Anda tidak ditentukan oleh kesalahan atau kritik Anda.

7. Sadarilah bahwa harga diri Anda bergantung pada Anda. Itu tidak tergantung pada apa yang orang lain katakan tentang Anda.


Mood buruk itu 'penyakit' menular, jadi harus hati-hati. Jangan sampai karena mood yang buruk akan menghalangi semua aktifitas kita. Jaga mood kita sendiri. Jangan karena mood orang lain buruk, mood kita pun ikut-ikutan buruk.

Dari beberapa tip di atas, saya sering menggunakan nomor 6 dan 7. Toxic banget lingkungan kerja kita kalau 2 poin tersebut tidak kita terapkan sepanjang waktu. Terkadang gelombang sesuatu yang kurang baik lebih cepat terserapnya daripada sesuatu yang baik. Kita harus bisa memperkuat "filter" kita. Inhale-exhale.

Selamat mencoba tips di atas dan mari semangat berkarya.


Salam,

Anik Zahra


Sumber:





0 comments: