Laman

Thursday, January 3, 2019

Ada yang Tahu Maksudnya Pipis Dulu Sebelum Wudhu?

FIQIH PEREMPUAN

Tulisan saya kali ini adalah menceritakan percakapan tentang ibu-ibu rempong dengan mbak-mbak yang baru saja pulang dari pondok.

"Mbak, tanya dong!! Saya sering lihat
mbak-mbak santri kalau mau sholat, wudlu ribet banget, katanya WAJIB pipis dan WAJIB lepas celana dalam. Memangnya ada dalil yang mewajibkan itu semua?" Tanya seorang ibu-ibu dengan penuh semangat dan penasaran.

JAWAB: Tidak ada dalilnya bu, hanya saja ketika hendak sholat kan memang harus suci tubuh, baju, mukena plus tempatnya.
Yuk sekarang kita bahas dari segi tubuhnya. Kita mulai dari tubuh yaaaa...

Untuk setiap perempuan memiliki ruthubatil farji (keringat vagina), yg selalu basah/lembab diarea kewanitaannya.
Dalam  hal ruthubah (Cairan) ini di bagi menjadi tiga, ada ruthubah (Cairan) yang keluar dari dalam, ada yang keluar dari area tengah-tengah, ada yang keluar dari luar (bibir vagina).
-Jika ruthubah keluar dari dalam, jelas najis dan harus di basuh.
-Jika dari tengah, maka ada qoul yang bilang najis dan ada yang bilang tidak najis.
-Jika yang keluar dari luar atau area bibir farji maka sepakat ulama tidak najis.
Dlm hal ini, hanya dokter kewanitaan yang bisa mendeteksi itu keluar dari dalam, tengah atau luar. Kalau kita tidak bisa membedakannya setiap saat.

Untuk cairan yang keluar dari vagina wanita adakalanya cairan itu putih bening atau kuning encer, yg biasanya keluar ketika muncul syahwat cairan ini dinamakan madzi.
Lalu cairan yg berwarna putih, keruh kental yg biasa keluar setelah kencing / ketika mengangkat beban berat cairan ini dinamakan wadzi.
Kedua cairan tersebut najis jadi harus di sucikan ketika hendak sholat maka dari itu di anjurkan melepas CD (celana dalam), membersihkan vagina, dan kemudian baru berwudlu.

Untuk bersuci, di utamakan air pancuran / air yang mancur bisa dengan selang / shower. Jika tidak ada, boleh dengan menggunakan gayung.
Ketika mau mensucikan dengan setengah berdiri, mohon maaf, paha jangan nyingkup, untuk memudahkan membersihkan lebih baik di buka agar lipatan bisa terjangkau. Jika sudah di bersihkan baru di basuh dari puser ke bawah.

Semua wanita memang mengeluarkan cairan (keputihan), tapi ini bisa di hindari / mengurangi dengan menjaga kebersihan farji, caranya setelah pipis keringkan pakai handuk kecil kusus buat itu, pastikan harus kering karena cairan itu keluar karena farji yang lembab.

Jika terpaksa pipis dengan jongkok di toilet, maka posisinya di balik badannya, jangan posisi seperti BAB dan air pipisnya jangan di jatuhkan tepat di air tapi agak ke pingir biar tidak membalik airnya ke tubuh/CD dan di saat membersihkan juga posisinya sama tapi pelan-pelan saja saat menyiramkan airnya.

Dari keterangan di atas, demi berhati-hati, kita di haruskan membasuh area kewanitaan sebelum berwudlu Alias
pipis dulu. Pahaaaaammm???

Lanjuuut, Sekarang Pakaian.
Baju harus suci. Kalau baju insyaAlloh yakin suci, tapi kalau celana dalam (CD)...?
Hati-hati ya, CD harus di lepas semua ketika pipis, jangan sampai di lepas sampai lutut ajah, trus pipis sambil ndodok, sudah di pastikan CDnya ikut kena najis karena terkena percikan pipis.

Khusus untuk perempuan.
Ketika bersuci untuk perempuan setelah pipis, jangan sambil duduk (nongkrong) di karenakan ketika menyiramkan air, pasti percikan air akan kembali ke bagian tubuh, mohon maaf, apalagi jika celana dalam tidak di lepas. Di perparah jika di kloset, klosetnya mengandung air, sudah pasti percikan tersebut kembali ke bagian tubuh.

Jika sambil berdiri sempurna, Air untuk bersuci tidak merata, mohon maaf, karena pada tubuh wanita, area tersebut banyak lipatan. Lebih baik bersuci setengah berdiri, akan mudah di basuh lipatan, juga akan meminimalkan percikan air yang kembali ke tubuh, meskipun ada percikan itu di bagian kaki dan mudah disucikan.

Lanjuuuut, Mukena. Mengapa ada sebagian pondok pesantren yang mewajibkan mukena terusan? Kenapa tidak boleh
mukena potongan/setelan?
Sebab mukena potongan/setelan susah untuk sah sholatnya.
Kok bisa????
Bisa doooong, penjelasannya panjang gaesss... yang jelas, Pelajaran seperti ini hanya ada di pondok pesantren, tidak ada di sekolah-sekolah umum.
Makanya mondok!!!

Maka dari itu di tempat saya mondok dulu, santri putri lebih di wajibkan menggunakan mukena terusan dari pada potongan, karena..

1. MUKA
Muka memang bukanlah aurot wanita ketika sholat, jadi hati-hatilah ketika  menggunakan mukena. Biasanya perempuan yang memakai mukena potongan maupun tidak, menaruh tempat dagunya pas di batas leher, bukan di dagu. Padahal dari batas leher sampai dagu itu bukan termasuk wajah, jadi harus tertutup.

2. TANGAN
Disini yang tidak termasuk Aurot sholat adalah telapak tangan, jadi ketika yang sholatnya menggunakan mukena potongan haruslah sangat hati-hati.

Ketika takbir, biasanya mengangkat tangan beserta mukenanya (saya kira prakteknya sudah tahu) maka saat itu pula, apabila anda tidak memakai baju panjang, bisa jadi seluruh tangan anda kelihatan, itu bisa membuat sholat anda tidak sah, atau harus diulang. Maka lebih amannya menggunakan mukena terusan.

Ketika rukuk, apabila mukena potongannya tidak panjang, bisa jadi ketika rukuk kalau di lihat dari tempat sujud kok aurotnya kelihatan, maka tidak sah.

3. KAKI
Ini sering sekali saya lihat, banyak orang yang memakai mukena potongan apalagi yang bawahannya pendek.
Untuk jidat usahakan dari alis sampai slayer atau daleman, lebarnya kurang lebih 3 jari, gituuu ibu-ibuuu..

"Duhh, saya masih penasaran mbak, bukankah sah dan tidaknya sholat atau ibadah itu gusti Alloh yang tahu??" Tanya seorang ibu-ibu.
"Lho, lho, lho,,, panjenengan ini bagaimana tho bu, SAH dan TIDAKnya sholat itu KITA yang menentukan, sedangkan di terima dan tidaknya sholat, barulah Alloh yang menentukan. Gittu bu,,,, ngerti". Jawabnya menjelaskan.

Contohnya, seumpama setelah kita selesai wudlu kok kita ingin (kebelet) kentut, maka apabila kita tahan (empet) maka wudhu tidaklah Batal. Akan tetapi apabila di kentutkan ya batallah wudlu kita.
Nah... itu kamu yang menentukan, kalo kamu jadi kentut ya batal, kalo gak kentut ya gak jadi batal.

T a m b a h a n :
Tentukan pilihanmu dan rasakan getaran kentut di pantatmu.



Semoga bermanfaat!!! 

0 comments: